Besi

 

[Cu] [Fe] [Mn] [Zn] [B] [Cl] [Mo]

Fe dalam tanaman

  1. Unsur Fe diserap akar dalam bentuk Fe2+ atau Fe3+, Fe3+ umumnya direduksi menjadi Fe2+ sebelum penyerapan, bentuk Fe3+ sangat penting untuk rerumputan.
  2. Reaksi redoks: pembentukan klorofil, penyusun sitokrom, ferredoxin, leghemoglobin, diperlukan untuk fotosintesis, respirasi dan penyematan N
  3. Tidak mudah dipindahkan antar jaringan tanaman, kekahatan muncul pertama kali pada titik tumbuh yaitu daun yang muda.
  4. Gejala kekahatan pertumbuhan berhenti, klorosis di antara tulang daun yaitu pada daun muda, jika parah daun berwarna putih.
  5. Keracunan terjadi pada tanah dengan drainase sangat buruk, kondisinya reduiksi dan banyak Fe2+ terlarutmisalnya pada tanah sawah.

Fe dalam tanah

  1. Mineral Fe sangat melimpah di kerak bumi, juga dalam tanah dalam bentuk mineral primer, bagian dari lempung, oksida dan hidroksida.
  2. Larutan Tanah: kelarutan mineral Fe sangat rendah, mineral amorf Fe(OH)3 mengatur kadar Fe dalam larutan tanah. Pada tanah dengan drainase baik, kondisinya teroksidasi kadar Fe3+ > Fe2+. Sebaliknya pada tanah jenuh air Fe3+ mengalami reduksi menjadi Fe2+.
  3. Kelarutan Fe dan pH tanah, reaksi: Fe(OH)3 (soil) + 3H+ –> Fe3+ + 3H2O, kelarutan  Fe3+ berkurang 1.000 kali jika pH meningkat 1 unit.
  4. Kekahatan Fe sering dijumpai pada tanah dengan pH tinggi

Gerakan Fe menuju akar

  1. Fe bergerak karena difusi dan aliran masa
  2. Kadar dalam larutan tanah sangat rendah yaitu Fe3+ = 10-6 -10-24 M.
  3. Total Fe dalam larutan terlalu rendah untuk mencukupi kebutuhan tanaman
  4. Khelasi diperlukan, meningkatkan bentuk terlarut dan meningkatkan Fe yang terbawa difusi dan aliran masa.

Khelasi

  1. Ikatan kompleks antara ion logam dengan senyawa organik: senyawa organik disintesis oleh akar, hasil perombakan bahan organik tanah atau sisa tanaman, hasil metabolisme mikrobia, contoh khelat alami : asam sitrat dan asam oksalat, sedang khelat buatan : DTPA.
  2. Khelat (chelate = claw), ikatan ganda, ion logam sebagai pusat sedang senyawa organik mengelilinginya.
  3. Khelat larut air meningktkan ketersediaan hara mikro Fe, Zn, Mn, Cu, mencegah dari reaksi presipitasi/adsorpsi.
  4. Pada tanah gambut khelasi oleh gugus fungsional justri menurunkan ketersediaan Cu.

Penyerapan khelat Fe

Khelat Fe menembus akar tanaman, Fe3+ dilepaskan pada permukaan akar, khelat bebas kembali ke larutan tanah (bulk solution), khelat tersebut mengikat ion Fe3+ yang lainnya, khelasi mengambil ion Fe bebas dari dalam larutan tanah,menyebabkan kadar Fe dalam larutan menurun  yang akan diikuti pelepasan Fe yang semula terjerap atau melarutkan Fe dari mineral.

Pengaruh Tanaman

Tanaman memiliki efisiensi penyerapan Fe yang berbeda-beda (faktor genotip). Adaptasi akar dalam menyerap Fe: Pemasaman risosfer (melepas H+), melepas agen khelasi (phytosiderophores), melepas agen pereduksi (phenolic compounds), meningkatkan laju serapan Fe (reduksi Fe3+ lebih cepat), pengangkutan Fe dari akar ke daun lebih baik (sel pemindah, asam sitrat dan asam organik lainnya)

Kekahatan Fe

  1. Klorosis karena pengapuran (kedelai, blueberry), tanah kapuran dengan pH tinggi (drainase dan aerasi buruk, kadar bikarbonat tingi).
  2. Kadar bahan organik rendah (tanah kapuran tererosi), di wilayah ini agen khelasi  sangat sedikit.
  3. Interaksi hara: kekahatan muncul karena kelebihan Cu, Mn, Zn, Mo dan P. Pemasaman karena penyerapan NH4-N di risosfer meningkatkan serapan Fe.

Pupuk Fe

  1. Rabuk dan pupuk organik: menambah khelat
  2. Sumber anorganik: pemupukan ke tanah kurang efektif karena Fe menjadi tidak tersedia, aplikasi pada tanaman (pupuk daun atau injeksi) lebih efektif.
  3. Khelat Fe: cukup efektif jika diberikan ke tanah, tapi harganya mahal, umumnya digunakan untuk komoditas yang bernilai tinggi.

Berilah komentar anda !

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s