Pupuk Hayati

 

Pupuk hayati adalah mikrobia yang diberikan ke dalam tanah untuk meningkatkan pengambilan hara oleh tanaman dari dalam tanah atau udara. Umumnya digunakan mikrobia yang mampu hidup bersama (simbiosis) dengan tanaman inangnya. Keuntungan diperoleh oleh kedua pihak, tanaman inang mendapatkan tambahan unsur hara yang diperlukan, sedangkan mikrobia mendapatkan bahan organik untuk aktivitas dan pertumbuhannya.

Mikrobia yang digunakan sebagai pupuk hayati (biofertilizer) dapat diberikan langsung ke dalam tanah, disertakan dalam pupuk organik atau disalutkan pada benih yang akan ditanam. Penggunaan yang menonjol dewasa ini adalah mikrobia penambat N, dan mikrobia untuk meningkatkan ketersedian P dalam tanah.

Bacaan lanjut:

  • BIO P 2000 Z.
    Pupuk Hayati Bio P 2000 Z  adalah pupuk hayati cair, hasil dari teknologi bio perforasi dibuat dari sekumpulan bakteri yang dapat bekerja sama dengan tanaman dalam penyerapan unsur hara. Pada saat ini kandungan bakteri di alam  baik di tanah maupun di tanaman sangat berkurang. Padahal bakteri tersebut secara alami dapat membantu proses pengelolaan  tanah dan proses pertumbuhan tanaman.

2 comments on “Pupuk Hayati

  1. Nim : 1309000396
    prodi : agt
    M. kuliah : Pertanian organik

    Assalamualaikum
    saya ingin bertanya bu, bagai mana penentuan dosis pupuk hayati yang tepat !

Berilah komentar anda !

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s