Pertanian Organik

Pertanian organik sudah mulai disenangi para petani,sebab pertanian organik telah memberikan keuntungan kepada dua belah pihak yaitu antara petani dan para konsumen.Keuntungan para petani dapat menekan pengeluaran sebab tidak lagi menggunakan pupuk kimia dan pestisida yang begitu mahal seperti yang dilakukan para petani konfensional,dan kemudian harga jual lebih tinggi dari pada hasil produksi pertanian konfensional,namun perawatan sedikit lebih rumit dibanding dengan pertanian konfensional sebab pertanian organik banyak menggunakan kotoran hewan (seperti kotoran sapi dan ayam) sebagai media pupuk bagi tanaman dan kemudian hasil pertanian organik ini telah memasuki pasar export yang perlu menjadi perhatian.Keuntungan para konsumen hasil dari pertanian organik ini berupa sayuran maupun buah-buahan merupakan makanan kesehatan,sebab sayuran dan buah-buahan tersebut terhindar dari pupuk kimia dan insektisida yang berbahaya bagi kesehatan tubuh,setiap orang sudah mulai berpikir apalah arti uang kalau dibanding dengan pentingnya kesehatan tubuh,sehingga para konsumen mengejar hasil pertanian organik walaupun harga sedikit lebih mahal dibanding dengan hasil pertanian konfensional.Saksikan tayangan video diatas bagaimana para konsumen menggemari produksi pertanian organik tersebut.

by Rahmawati arsyad

33 comments on “Pertanian Organik

  1. nama : muhammad iqbal batubara
    nim : 0909008602

    saya ingin bertanya kepada ibu, bagaimana cara memperbaikisi sifat fisik,kimia serta biologi bagi tanah yang sudah kritis haranya, sementara kebutuhan bahan organik sangat terbatas??

  2. nama : dedi rusmanto
    nim : 0909008559

    buk jika kita membudidayakan suatu tanaman organik, apakah hama yang menganggu tanaman tersebut harus di basmi dengan insictisida organik juga?

    • benar……setiap pertanian organik seluruh perangkatnya harus organik,mulai dari pemupukan yang disebut pupuk organik sampai kepada pembasmian hama pun harus menggunakan bahan alami yang selalu disebut pestisida organik

  3. nama : yopi yaman zega
    nim : 1309009089

    Terimahkasih atas kesempatanya bu, dalam hal ini saya ingin mengajukan suatu pertayaan seputar pertanian organik,

    kita tau bu bahwa bahan organik sangat perlu bagi tanaman khususnya dalam perubahan stuktur tanah yang dapat membantu dalam hal kesuburan, tetapi unsur hara sedikit, maka dalam hal ini, petani umumnya ingin produksi maksimal, jadi bagaimana langkah-langkah untuk meningkatkan hasil pertanian tanpa menggunakan pupuk kimia bu..?

    Thanks bu..

  4. nama : M.pradip Dalimunthe
    nim : 1309009049

    Assalamualaikum buk,saya ingin bertanya
    apakah pemberian pupuk organik yang berlebihan mempunyai efek buruk pada tanaman ..?
    seperti yang kita ketahui,pada pemberian pupuk Urea,Za atau KCL yang berlebihan dapat menyebabkan kematian pada tanaman.

  5. Nama : suganda kurniawan
    Nim : 1309009082

    Assamualaikum wr wb
    Saya mau bertanya bu….bagaimana cara¬†menangani tanaman yg terkena pnyakit apakah boleh mnggunakan pestisida..??

  6. NAMA : KURNIA SANDI
    NIM : 1309000380
    PRODI : AGROTEKNOLOGI

    pertanyaan
    saya mau bertanya bu tentang analisa tanaman daun ke 17, jd buk kriteria tanaman kayak mana yang bisa di analisa dan umur berapa tanaman tersebut dapat di analisa daun ke 17?

  7. NAMA : KUSLIAN
    NIM : 1309000382
    PRODI : AGROTEKNOGI

    Pertanyaan:
    Assamualaikum wr wb..
    1. Bagaimana caranya untuk mengembangkan pertanian organik?
    2. Bagaimana usaha yang perlu di lakukan untuk petani desa agar mereka beralih dan mengetahui betapa pentingnya pertanian organik?

  8. Nama: ANDY CHANDRA
    Nim. : 1309008998

    Assalamualaikum kak
    Saya andy ingin bertanya
    Knapa pertanian organik di Indonesia itu susah kali untuk dikembangkan?

  9. NAMA : KURNIA SANDI
    NIM : 1309000380
    PRODI : AGROTEKNOLOGI

    PERTANYAAN
    saya mau bertanya bu, tentang analisa tanaman daun ke 17, jadi bu kriteria tanaman kelapa sawit bagaimana bisa di analisa dan umur berapa tanaman tersebut dapat di analisa tanaman daun ke 17?

    waalaikumsalam

  10. Nama: Andy pratama
    Nim: 1309008999
    waktu kuliah: 16;00

    Assamualaikum wr wb
    saya mw bertanya bu,,, Bagaimanakah cara untuk melestarikan bahan organik yang terdapat di dalam tanah,,,????

  11. nama : RENDY HARVANA
    NIM : 1309000412
    PRODI : AGROTEKNOLOGI

    PERTANYAAN
    saya ingin bertanya bu, adakah dalam ajaran agama islam tentang peggunaan pupuk kandang khusus nya night soil dalam penerapan pertanian oragnik

  12. Nama: Prasetyo Suhendi
    Nim: 1309000408
    Hari senin jam 16.00

    Assalamualaikum wr wb
    saya ingin bertanya kepada ibu apakah ada faktor dalam atau luar yg dapat mempengaruhi proses dari pengomposan yg dapat mempercepat atau memperlambat pengomposan tersebut bu?

    syukron..

  13. Assalamualaikum wr wb,
    Pertama2 saya mengucapkan terimakasih kepada ibunda Rahmawati MP yg telah membimbing kami dalam mata kuliah Pertanian Organik.
    Disini saya akan bertanya kepada ibunda.
    Pertanyaan saya : bagaimana cara kita untuk memanfaatkan sistem Pertanian Organik dalam meningkatkan produksi tanaman kopi (kopi disini yaitu kopi yg banyak ditanami di daerah Tapanuli Selatan yakni kopi yg berukuran tanaman lebih kecil dari tanaman kopi pada umumnya).

  14. Nama : Alfi Syahrin
    Nim/Npm : 1309000440/7113071180

    Assamualaikum wr.wb.
    – Mengapa pada saat ini lebih memfokuskan membangun pertanian organic sebagai cara mengembangkan pertanian?

    Makasi Buk…

  15. Assalamualaikum saya ingin bertanya kenapa pupuk kompos tidak menjadi pupuk andalan di indonesia yang di terapkan pada tanaman setiap petani yang ada di indonesia,
    Sedangkan pupuk kompos termasuk salah satu pupuk yang dapat memperbaiki kesuburan tanah…?

  16. Assalamualaikum wr, wb
    Nama : Dede Hidayat
    Nim : 1309009013
    Mata kuliah : pertanian organik
    Hari senin, jam 16:00

    Wassalamualaikum wr, wb

  17. Nama:amal fitria
    Nim: 1309008996

    Asalamualaikum buk

    Saya ingin bertanya buk. Sekarang ini kan pertanian organik sedang di galakkan oleh pemerinta. Tetapi mengapa hingga saat ini pertanian organik tidak begitu banyak pada kenyataanya di gunakan oleh masyarakat. Dan lebih menggunakan pupuk yang mengandung zat kimia

  18. RANGGA TRI ANGGI SINAGA
    1309000411
    Assalamualaikum bu
    saya ingin bertanya mengenai pertanian organik bu. Tanah gambut kan termasuk tanah organik, apakah dengan menanam komodity tertentu di tanah gambut termasuk pertanian organik bu. terus apakah tetap masih di beri pupuk kompos lagi bu.

  19. Nama : Dedy Lamsihar Simanungkalit
    Nim : 130900090014
    Prodi : Agroteknologi

    Selamat siang bu, saya ingin bertanya kepada ibu,, apakah peran petani, khususnya petani kecil di negara miskin, dalam seluruh gerakan spiritual dan ekologi ini dalam kaitannya dengan masyarakat vegan? Bisakah kita membantu mereka agar kehidupan mereka lebih makmur melalui pergerakan Pertanian Organik ini ?

    terimakasih bu,

  20. Assalamualaikum bu, saya ingin bertanya dalam sistem pertanian organik, sumber daya tanah di pandang sebagai faktor kehidupan yang kompleks dan di pertimbangkan sebagai modal utama ( prime capital asset ) yang harus dijaga dan dirawat secara baik. Ini maksud nya bagai mana bu???

  21. Nama : Endang Ayu Ramadhani
    Nim : 1209000352

    Assalamu’alaikum bu, saya ingin bertanya dalam bagai mana peluang pertanian organik di indonesia? Sementara untuk melakukan kegiatan pertanian organik itu sendiri butuh biaya yang sangat besar, sehingga para petani sulit untuk melakukan pertanian organik tersebut?
    Terima kasih bu
    Wassalamu’alaikum

  22. Nama :Endang Ayu Ramadhani
    Nim : 120900352

    assalamu’alaikum bu, saya ingin bertanya bagaimana peluang pertanian organik di indonesia? sementara untuk melakukan kegiatan pertanian organik biaya yang diperlukan sangat mahal, sehingga para petani di indonesia kesulitan dalam melakukan hal tersebut, bagai mana menurut ibu????

  23. nama : endang ayu ramadhani
    nim : 1209000352

    assalamualaikum bu, saya ingin bertanya bagaimana peluang pertanian organik di Indonesia??? sementara untuk melakukan kegiatan pertanian organik membutuhhkan biaya yang sangat besar untuk melakukannya, sehingga para petani sulit untuk melakukan hal tersebut, bagaiman menurut ibu????

  24. assalamualaikum wr.wb bu, saya ingin bertanya yaitu mengapa pertanian organik kurang di respon di negara kita ini? aspek -aspek apa saja yang mempengaruhinya serta mengapa para petani di ngera kita ini masih tetap lebih memilih pertanian konvesional dari pada pertanian organik?
    mungkin saat ini itu saja yang saya tanyakan.
    terima kasih bu,,,
    assalamualaikum wr.wb

  25. Nama : Fahmi Mualim
    Nim : 1109000224
    Prody : AGT
    assalamualaikum wr.wb bu, saya ingin bertanya yaitu mengapa pertanian organik kurang di respon di negara kita ini? aspek -aspek apa saja yang mempengaruhinya serta mengapa para petani di ngera kita ini masih tetap lebih memilih pertanian konvesional dari pada pertanian organik?
    mungkin saat ini itu saja yang saya tanyakan.
    terima kasih bu,,,
    assalamualaikum wr.wb

  26. Nama : Ahmad malik Tumanggor
    Nim : i309008990
    Prodi : Agt
    assalamualaikum wr.wb bu, saya ingin bertanya,ketersediaan hara bagi tanaman harus berasal dari pupuk organik. Padahal dalam pupuk organik tersebut kandungan hara per satuan berat kering bahan jauh dibawah realis hara yang dihasilkan oleh pupuk anorganik, seperti Urea, TSP dan KC, jadi yang saya tanyakan apakah pemberian pupuk kimia tetap di berikan pada tanaman dimana pupuk kimia bersifat merusak ?

    Demikian pertanyaan dari saya
    assalamualaikum wr.wb

  27. Nama : Ahmad malik Tumanggor
    Prodi : Agt
    Nim : I309008990

    assalamualaikum wr.wb bu, saya ingin bertanya,ketersediaan hara bagi tanaman harus berasal dari pupuk organik. Padahal dalam pupuk organik tersebut kandungan hara per satuan berat kering bahan jauh dibawah realis hara yang dihasilkan oleh pupuk anorganik, seperti Urea, TSP dan KC, jadi yang saya tanyakan apakah pemberian pupuk kimia tetap di berikan pada tanaman dimana pupuk kimia bersifat merusak ?

    Demikian pertanyaan dari saya
    assalamualaikum wr.wb

Berilah komentar anda !

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s